<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- goblogination_main_Blog1_300x250_as --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:300px;height:250px" data-ad-client="ca-pub-2892118556110921" data-ad-slot="2689817894"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Mengatasi BootLoop Semua Android Dengan Mudah

Keterbukaan Ponsel dengan Os Android memang menjadi daya tarik tersendiri di kalangan para pngguna Gadget . Sejak kemunculannya beberapa tahun lalu System Operasi yang sekarag digawangi Google ini berhasil menembus penjualan masal yang jauh melampaui Os pendaulu bahkan pesaingnya.

Sejak kemunculannya para pngguna Gadget seolah menemukan apa yang merka cari-cari selama ini dari sebuah gadget .
Kelengkapan fitur , keterbukaan system, Desain yang menawan yang selalu ditawarkan ponsel ber Os Android membuat semua orang ingin berpaling dari Os lain dan mencoba berekspresi di Android.

Namun ternyata semua keunggulan yang ditawarkan di Android berbanding lurus dengan tingkat kerawanan system yang mereka miliki.
Terbukanya system yang sangat gampang untuk dimodifikasi membuat system android ini rentan sekali akan kerusakan. Terutama dari segi software.

Saking mudahya system Android dijebol oleh user membuat setiap user android bisa dengan leluasa melakukan modifikasi system dari yang ringan misal menganti font sampai modifikasi tingkat berat yakni keseluruhan atau memodifikasi ROM.

Tentu hal ini tidak akapernah menjadi masalah untuk para penguna expert yang sudah menguasai seluk beluk system android. Dan akan menjadi masalah yang sangat mejengkelkan bagi user biasa yang tidak banyak tau tentang kerusakan system Andoid meski kerusakan ringan sekalipun. Semisal Bootloop.

Apa itu Bootloop ?
Bootloop adalah keadaan dimana system Android tidak berjalan sebagaimana mestinya , yakni terjebak dan tidak bisa booting ( Masuk Homescreen ).
Ini sebenarnya kerusakan ringan dimana ada file yang mungkin hilang atau terinfeksi malware atau semacamnya yang berakibat gagalnya Load system pada system android.
Hal ini bisa terjadi setelah ada perubahan file pada system seperti setelah user melakukan modifikasi yang keliru atau hanya instal dan uninstal aplikasi.

Anehnya keadaan Bootloop ini bisa terjadi sesaat setelah ponsel terjatuh atau mengalami kecelakaan fisik yang tidak seberapa dan bahkan tidak meninggalkan goresan pada fisik ponsel. Ini sering sekali terjadi.

Bootloop sendiri ada beberapa macam mulai dari yang ringan hingga yang berat ( Matot = Mati Total ).

Mengenal Lebih dekat dengan Bootloop
1. Pada umumnya keadaan ponsel Android yang disebut Bootloop adalah keadaan dimana ponsel menyala saat di tekan tombol power dan terjebak pda logo ponsel.
Ini masih kelas ringan dengan penanganan yang terbilang mudah.

2. Keadaan lain yang bisa ditemui adalah posel menyala dan terus menerus restart sebelum atau sesudah masuk ke HomeSreen ( Layar Utama / Desktop ).

3. Keadaan lain lagi adalah ponsel menunjukkan dirinya masih hidup dengan hanya memberikan tanda bergetar saat ditekan tombol power dan LED meyala sementara layar masih gelap seolah ponsel ini mati,

4. Yang lebih parah adalah ketika ponsel sama sekali tidak memberikan insyarat kehidupan sesaat tombol power ditekan ( Death Boot ).


Penanganan Bootloop Sesuai Kondisi
Mengenai penanganan ponsel Android yang bootloop disini kita harus tau type Bootloop nya seperti apa , seperti point 1, 2 atau lainnya

1. Kita mulai dari yang pertama yakni penanganan Bootloop paling ringan dimana Ponsel terjebak di logo.

Jika kita mendapati ponsel kita terjebak di logo saat booting ( restart ) dan tidak mau masuk ke system ( Home Screen ) meskipun kita tidak memodifikasi atau melakukan hal aneh sebelumnya , hal yang pertama kita lakukan adalah "Don't be Panic!" . Santai dan lakukan cara dibawah ini.

Masuk ke Recovery . Pada umumnya ponsel android dibekali system recovery yang bisa diakses dengan menggunakan kombinasi tombol seperti Power+volume down yang ditekan secara bersamaan saat ponsel dalam keadaan mati. Mungkin ada perbedaan pada setiap merk , silahkan sesuaikan.

Setelah masuk ke system recovery , hal yang harus dan mungkin anda lakukan adalah Factory Reset atau setel ulang pabrik. setelah itu reboot dan anda akan kembali masuk ke system Android ponsel anda.

2. Ponsel terus menerus restart seperti tidak kuat memuat system Android.
Hal yang perlu anda lakukan adalah sama dengan point nomor satu diatas.
Dan jika ponsel masih mengalami hal yang sama setelah factory reset , mungkin ada baiknya anda melakukan flash ulang pada Firmware sesuai dengan type dan merk ponsel.
Pada umumnya para vendor menyediakan firmware yang disebut dengan "Stock Rom" lengkap dengan aplikasi installer untuk mengatasi masalah ini.

3. Ponsel sama sekali tidak menyala kecuali getar dan LED yang menyala.
Ini bisa saja terjadi pada setiap ponsel keluaran baru . Entah apa peyebab pastinya , mungkin dari segi kualitas memang suda jauh berbeda dengan ponsel keluaran lama.
Ada testimoni yang mengatakan ponsel mngalami masalah ini hanya karena terjatuh , terlalu lama di charge , atau ada juga yang ponsel mendadak mati ketika di servis di bagian hardware.
Memang penyebab penyebab itu terasa cukup aneh , tapi itu benar terjadi dan tidak sedikit user yang mengalami masalah ini.

Untuk mengatasi masalah ini hal yang pertama anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa ponsel masih menujukan adanya kehidupan yaitu misal dengan adanya getaran saat booting , atau LED indikator masih menyala.
Jika salah satu saja dari kedua hal tersebut masih ada di ponsel anda , maka ada kemungkinan ponsel anda hanya pingsan tau paling parah koma.

Coba anda charge dan biarkan kira-kira setengah sampai satu jam dan lihat perubahannya.
Untuk pengguna Xperia , biarkan ponsel dicharge hingga indikator berwarna hijau atau minimal kuning.
Jika masih tidak ada perubahan coba anda koneksikan ponsel ke PC atau laptop dan pastikan USB driver sudah terinstal.
Jika masih terdeteksi merk da type ponsel berarti masih ada kemungkinan bisa disembuhkan.

Untuk pengguna Xperia , silahkan instal PC Companion atau SUS untuk melakukan instalasi ulang firmware sesuai dengan ponsel dan ikui petunjuk yang diberikan.

Untuk penguna merk lain silahkan sesuaikan denga program yang diberikan oleh vendor masing masing.

4. Death Boot
Kerusakan jenis ini bisa dikatakan adalah kerusakan paling parah pada ponsel adroid. Mereka biasa menyebutnya "Bricked" dimana ponsel sudah menjadi batu bata yang tidak ada gunanya lagi selain untuk nimpuk maling.
Keadaan ini sering terjadi dikalangan user yang suka memodifikasi ponselnya tanpa pengetahuan yang cukup dan tidak membaca panduan dengan baik.
Kesalahan instalasi semisal kernel, gagal flashing dan sebagainya bisa saja membuat ponsel menjadi bricked ( Death boot ) .

Untuk mengatasi masalah ini hal yang perlu anda lakukan adalah tersenyum menyikapi penyesalan anda telah melanggar aturan penggunaan dari vendor ponsel anda.
Jangan panik dan santai. Anda masih bisa Claim Garansi jika masih berlaku dan perbuatan anda itu tidak menghapus garansi ponsel anda.
Pergi ke service center dan ceritakan semua yang terjadi. Biasanya masih bisa dimaklumi.

Anda tidak perlu mencoba membawa ponsel dalam keadaa death boot ke tukang service karena biasanya mereka akan menolak ponsel dengan kondisi seperti ini. Kecuali kalau tukang service tersebut tidak terlalu gaptek.


Well , sebenarnya masih ada banyak kerusakan yang mungkin terjadi pada system android sesuai dengan tingkat penggunaan yang tidak disebutkan di artikel ini. Beda tangan beda rasa biasanya .
Namun mungkin artikel diatas bisa menjadi referensi garis besar tekait kerusakan android yang mungkin tengah anda alami saat ini.

Dan semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam Mengatasi Bootloop pada Android yang anda miliki. Terimkasih

Ketentuan Berkomentar

  • Komentar yang tidak sesuai topik lebih baik disampaikan di halaman .
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan / dihapus.
  • Format link yang diterima :
  • droids-planet.blogspot.com ganti menjadi droidsplanet.
  • droids-planet.blogspot.com/p/diskusi.html ganti menjadidroids-planet[dot]blogspot[dot]com/p/diskusi[dot]html.
  • blogger.com ganti menjadi blogger atau blogger[dot]com.
  • Android Planet
Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »